Kalahkan SFC, Maung Bandung ke Peringkat 3 Gonzales Selamatkan Persib!


IMAM CAHYADI/GM
STRIKER Persib, Airlangga (kanan) berusaha melewati pemain Sriwijaya FC, Nana Wahyu, pada lanjutan pertandingan Liga Super Indonesia di Stadion Siliwangi Bandung, Senin (17/5). Persib menang atas Sriwijaya FC dengan skor 1-0.

STD. SILIWANGI,(GM)-
Untunglah Persib Bandung punya seorang Cristian Gonzales. Ketika hampir semua pemain Persib tampil kurang gereget, striker asal Uruguay itu masih mampu menyumbangkan satu gol yang mengantarkan tim kebanggaan "bobotoh" ini, mengalahkan Sriwijaya FC 1-0, pada laga lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010 di Stadion Siliwangi, Senin (17/5).

Berkat gol semata wayang "El Loco" pada menit 37 itu, Persib berhasil menggusur Persiba Balikpapan dari peringkat tiga klasemen sementara. Meski sama-sama mengumpulkan nilai 50 dari 32 laga yang sudah dimainkannya, Persib berhak menempati ranking ketiga lantaran keunggulan selisih gol. Sedangkan Sriwijaya FC tertahan di peringkat 7 dengan nilai 44.

Melawan tim yang baru tiba di Bandung tiga setengah jam sebelum kick-off, para pemain Persib gagal memanfaatkannya dengan baik. Malah hampir sepanjang laga, Nova Arianto dan kawan-kawan terbawa arus lambannya irama permainan Sriwijaya FC yang sebenarnya sudah tidak berniat "bermain bola".

"Kita sebenarnya sudah tidak ingin menyelesaikan kompetisi. Buat apa? Karena kita sudah tidak mendapat dukungan suporter lagi. Kalaupun kami akhirnya datang ke sini (Bandung, red), itu untuk kesenangan saja, karena bebasnya empat pemain kami," kata pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, usai laga.

Empat pemain Sriwijaya FC yang dimaksud Rahmad adalah Charis Yulianto, Isnan Ali, Christian Warobay, dan Ambrizal yang harus berurusan dengan pihak kepolisian karena tuduhan pemukulan terhadap suporter Sriwijaya FC. Meski datang ke Bandung, keempat pemain tersebut tidak diturunkan Rahmad pada saat melawang Persib.

Tanpa darah

Dipimpin wasit Sulistyoko, dalam 35 menit pertama, kedua tim tampil sangat monoton. Terlebih kondisi lapangan yang becek berlumpur menyebabkan kedua tim tak bisa mengembangkan permainan. Praktis permainan tak ada gereget dalam pertandingan ini.

Untunglah, memasuki menit ke-37, Gonzales bisa memanfaatkan dengan baik peluang yang didapatkannya, setelah menerima umpan tendangan bebas dari Eka Ramdani. Meski terjepit di sudut sempit, Gonzales berhasil mencocor bola yang tidak mampu dihadang penjaga gawang Sriwijaya FC, Hendro Kartiko.

Di babak kedua, permainan yang tidak enak ditonton kembali dipergakan kedua tim. Namun Persib masih sempat menciptakan dua peluang matang lewat Airlangga yang lepas dari kawalan pemain belakang Sriwijaya FC pada menit 56 dan tendangan keras Hariono pada menit 58.

Sedangkan peluang terbaik Sriwijaya FC didapatkan Keith Jerome Kayamba Gumbs pada menit 54 dan Pavel Solomin menit 64. Tapi dua tendangan keras Kayamba dan Solomin bisa dimentahkan kiper Persib, Markus Horison.

Usai pertandingan, pejabat pelatih Persib, Robby Darwis mengatakan, kunci kemenangan timnya dalam laga itu adalah faktor kelelahan yang dialami para pemain Sriwijaya FC. Namun Robby pun tidak menampik kurang geregetnya penampilan anak asuhnya.

"Para pemain kita juga dilanda kelelahan. Selain para pemain Sriwijaya bisa menekan di babak kedua, kondisi lapangan yang berat juga membuat para pemain kita habis," katanya.
Category: 0 komentar

Tidak ada komentar: