El Loco Gonzales Hengkang?

BANDUNG - Entah apa yang sebenarnya terjadi di internal Persib Bandung. Tapi, apa yang disiratkan bomber asal Uruguay Christian Gonzales menunjukkan ada persoalan serius di kubu Maung Bandung. Bahkan, hal ini dikabarkan membuat Gonzales bersiap hengkang dari Persib.




Memang banyak pihak memprediksi masa depan pemain berjuluk El Loco di tim Persib berakhir di jendela transfer paruh kedua, Februari mendatang. Penilaiannya bisa dilihat dari mandulnya striker peraih empat kali gelar top skor di kancah sepakbola tanah air. Dari 12 laga yang dilakoni, El-Loco baru menyumbang satu gol bagi Maung Bandung.



Kabar rencana hengkangnya Gonzales tentu mengejutkan banyak pihak. Namun, pemain bernomor punggung 99 ini enggan berbicara banyak kepada wartawan. Puncak kekesalan El-Loco memang terlihat pada laga terakhir kontra PSPS Pekanbaru, akhir pekan lalu. Mengetahui tidak ada peluang untuk bermain sama sekali, Gonzales langsung meninggalkan bench cadangan jelang babak kedua dimulai.



Dalam karirnya di sepakbola Indonesia, baik di Persik Kediri maupun Persib, pemain dengan kontrak termahal versi Badan Liga Indonesia (BLI) tidak pernah diparkir, kecuali akibat akumulasi kartu. Bahkan, sempat beberapa kali El-Loco mangkir dari sanksi Komdis PSSI dan tetap bermain bagi Persik saat itu.



El-Loco memang tidak menampik isu soal rencana hengkang dirinya dari Maung Bandung. Saat ini sikap diam menurutnya yang paling tepat sebagai pemain profesional. Kondisi internal Persib dinilai menjadi masalah utama dirinya tidak betah berada di Persib.



"Saya pemain profesional, jadi saya lebih baik diam saja. Soal rencana saya pindah, kita lihat saja nanti. Tapi yang jelas saya tahu apa yang terbaik bagi karir saya kedepannya," ungkap Gonzales.



Sikap diam peraih sepatu emas ini memang wajar. Dia memilih memendam perasaannya meski dihadapkan pada situasi yang tidak menguntungkan. Termasuk, pengalaman pertamanya diparkir sebagai starter. “Ini memang yang pertama saya jadi cadangan. Saya mencoba tenang saja. Toh ini wajar dalam sepakbola,” jelasnya.



Beberapa kalangan menilai meredupnya karir El-Loco tidak diantisipasi secara tepat oleh Pelatih Persib Jaya Hartono. Sang arsitek, dinilai tidak melakukan pendekatan dari hati ke hati kepada suami Eva Siregar ini. Padahal, jika segera diantisipasi, dipastikan performa El-Loco kembali bersinar.



Soal apakah sudah berkomunikasi dengan pelatih, Gonzales berkomentar dengan makna ambigu. “Saya tidak mau komentar soal itu. Kalian silahkan bicara dan tanya pelatih saja,” imbuhnya.



Sikap diam menurut El-Loco lebih bijak saat ini. Dia ingin tetap menjaga kondusifitas Maung Bandung. Itu artinya, jika Gonzales berbicara, maka dikhawatirkan akan merusak kondusifitas Persib. "Saya tetap akan diam. Kalau saya bicara nanti, tim akan kacau," terangnya.



Apa yang tersirat dari komentar pemain berusia 33 tahun ini memang cukup mengejutkan banyak pihak. Isu rencana kepindahannya dari Persib usai putaran pertama habis rupanya seakan dibenarkan eks pemain Sud Amerika ini. Tapi El-Loco pun menyiratkan bahwa situasi bisa berubah sewaktu-waktu.



Manajer Persib Bandung Umuh Muhtar ternyata bersikap hampir sama. Menurut Umuh, segala sesuatu terkait catatan di tim sudah dikantongi jajaran manajemen. Termasuk, penilaian bagi pelatih dan pemain. “Dan semuanya akan kita eksekusi usai putaran pertama. Jadi tunggu saja,” jelasnya
Category: 0 komentar

Tidak ada komentar: